Kamis, 16 Maret 2017

Maintenance TX

Teknologi selalu berkembang, begitu juga dengan Transmitter TV, semakin simpel atau semakin ringkas teknologi yang dulunya tebal selemari sekarang hanya setengah laci.Apa yang harus diperhatikan dalam pemancar tv diluar semakin bagusnya teknologi?..
Disini akan dijelaskan bagaimana menjaga kualitas peralatan pemancar tv biar bekerja dengan stabil.

1. Temperatur ruangan pemancar
Ruangan pemancar sangatlah penting, terutama untuk pemancar dengan sitem air cooling (berpendingin udara). Suhu ruangan yang baik adalah sekitar 16-20derajat, efek dari temperatur ruangan yang kurang dingin adalah pemancar tidak akan bekerja secara maksimal dan stabil. Misalkan seiring tingginya temperatur pada komponen pemancar, misal pada pallet, maka keefisiensian dari pallet/amplifier akan turun, misal harus keluar 1kw, maka akan turun jadi 800w.
Disamping itu, temperatur yang kurang dingin juga akan berefek pada sensor reflected pada rf sample pemancar, hal ini ditemui pada pemancar seperti merk NEC maupun R&S

2. Tegangan listrik
Jantung dari peralatan listrik adalah listrik dari PLN ataupun Genset, untuk menjaga kestabilan tegangan listrik ke TX wajib menggunakan UPS, minimal AVR. Efek dari tidak stabilnya listrik sangat besar, akan mengakibatkan kerusakan pada peralatan, yang sangan sensitif adalah power supply switching (ini yang sering rusak). Pergunakan UPS yang ok, terutama pergunakan UPS yang menggunakan trafo.

3. Kebersihan ruangan pemancar
Yang sering dilupakan oleh operator pemancar adalah kebersihan ruangan pemancar, Debu adalah musuh utama pemancar yang menggunakan sistem air cooling, begitu filter udara kotor, sistim pendingin tidak bekerja dengan maksimal, efisiensi power tidak maksimal, efeknya over temperatur.

4. Kebersihan heat exchanger
sistem ini bekerja pada pemancar dengan water cooling (berpendingin air). Yang perlu diperhatikan adalah kebersihan blower/heat exchanger dan filter air pada sistem pendinginnya, efeknya sama seperti point 3 (over temperatur).


itulah sedikit yang perlu diperhatikan dalam melakukan perawatan tx maupun menjaga kestabilan peralatan tx. Tegangan, Kebersihan, Suhu temperatur ruangan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar